Cara Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi

Cara Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi – menuandroid.com – Banyak yang mengeluh tentang baterai HP android yang cepat habis. Kalau anda salah satunya, tenang saja , karena masih ada ribuan bahkan jutaan pengguna yang juga mengalami hal yang sama.

Untuk mengatasi hal ini, alangkah lebih baik kita ketahui penyebabnya sehingga solusinya / cara menghemat baterai android bisa diambil dengan tepat.

Jika hal ini terjadi sejak awal anda membeli HP android, bukan berarti baterai anda rusak. Memang dari sananya sistem operasi android lebih banyak memerlukan asupan daya listrik untuk menunjang aktivitasnya.

Selain itu banyak aplikasi yang terpasang di HP juga ternyata ikut menyedot daya listrik di HP android yang kebanyakan kapasitasnya kecil. Berikut ulasan lengkapnya.

Cara Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi

Cara Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi

Penyebab Baterai Android Cepat Habis Padahal Masih Baru

Baterai android yang cepat habis meskipun masih baru bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti

  1. Banyaknya aplikasi yang diinstal di dalam HP android.
  2. Sulitnya sinyal di daerah pengguna sehingga HP akan terus mencari sinyal yang tentu memerlukan banyak tenaga listrik.
  3. Terlalu sering menyalakan port koneksi di HP secara bersamaan seperti koneksi data, wifi, Bluetooth, dan hotspot.
  4. Terus dipakai tanpa henti seperti untuk browsing maupun main games.
  5. Kapasitas baterai yang kecil di bawah 3000 mAh.

Jika hal-hal diatas sering dilakukan bahkan tidak sadar sering terjadi, maka solusinya adalah harus mulai menghindari melakukan aktifitas boros baterai diatas. Tips dan trik berikut bisa dilakukan untuk mengatasi baterai HP android yang cepat habis.

Trik cara menghemat baterai android awet dan tahan lama

1. Mengurangi atau meng-uninstall aplikasi dan juga games android yang memang sudah jarang dipakai.

Paling tidak hal ini bisa lebih mengefisienkan penggunaan baterai dan juga RAM sehingga baterai lebih tahan lama.

Adanya begitu banyak aplikasi yang terinstall di HP biasanya karena penasaran dan juga asal klik oke saja ketika ada pop-up iklan aplikasi yang muncul di layar.

Hasilnya banyak sekali aplikasi sampah yang terpasang di HP kita ada yang jarang dipakai bahkan ada yang kita sendiri tidak pernah menyadari kalau ada aplikasi yang tidak pernah dipakai di HP kita.

Lebih teliti lagi ketika ada pop-up atau notifikasi untuk menginstall aplikasi juga bisa dijadikan solusi agar kita juga tidak asal install aplikasi yang tidak dibutuhkan.

2. Sulit sinyal di tempat pengguna juga menyebabkan HP android boros baterai.

Hal ini terjadi karena ketika sinyal itu susah, kadang ada kadang tidak, maka HP akan dengan terus menerus mencari sinyal untuk keperluan koneksi internet.

Bagi yang sering mengalami kondisi ini, pasti sudah tidak kaget ketika HP tiba-tiba terasa sangat panas saat dipegang.

Untuk itu solusi yang bisa dilakukan adalah ketika mengalami kondisi sinyal yang sulit, lebih baik matikan koneksi data di HP android.

Dengan tidak terkoneksi ke internet maka pencarian sinyal bisa terjadi seperti biasa, kalau ada sinyal akan muncul, kalau tidak ada sinyal akan hilang dengan sendirinya tanpa terbebani dengan koneksi internet yang memang butuh banyak power dari baterai.

Dengan hanya mematikan koneksi data juga koneksi sms masih bisa digunakan asal sinyal HP harus muncul dulu di layar.

3. Kesalahan yang sering dilakukan pengguna android yang menyebabkan boros baterai adalah menyalakan koneksi data, wifi, Bluetooth, dan hotspot secara bersamaan.

Yang perlu diingat adalah setiap koneksi data yang keluar dan masuk ke HP android memerlukan daya listrik yang tinggi.

Jika keempat koneksi ini nyala bersamaan, jangan salahkan baterai anda jika setelah di charge, baterai menjadi cepat habis.

Solusinya adalah nyalakan koneksi yang diperlukan saja. Misalnya karena hanya untuk koneksi internet standar maka nyalakan data saja. kalau untuk koneksi internet di dalam jangkauan jaringan wifi, nyalakan koneksi wifi dan matikan koneksi datanya.

Untungnya, sekarang HP android telah dibekali dengan fitur mati otomatis pada koneksi Bluetooth dan juga hotspot jika tidak tidak dipakai berkirim data selama beberapa saat.

Hal ini tentu sangat membantu pengguna yang lupa untuk mematikan kedua koneksi ini ketika selesai digunakan.

4. Pemakaian non-stop tanpa henti juga pastinya menghabiskan sumber daya baterai dengan cepat.

Kalau memang kapasitas baterainya yang pas-pasan tentu tidak ada cara lain dengan cara membatasi aktivitas yang bisa memerlukan konsumsi baterai tinggi seperti browsing, main games apalagi main games secara online, dan juga nonton video baik offline maupun online.

Yang perlu diketahui, browsing memerlukan banyak konsumsi baterai karena HP akan secara terus menerus melakukan transfer data baik data masuk maupun data keluar. Semakin banyak tab yang dibuka di HP juga mengakibatkan semakin banyak power karena CPU dan juga RAM di HP akan terus menerus bekerja.

Main games dan nonton video  juga menjadi penyebab rakusnya pemakaian power baterai HP. Solusi terbaiknya adalah segera istirahatkan HP jika terasa panas setelah dipakai beberapa untuk main games, maupun nonton video.

Panas yang timbul terjadi karena CPU telah bekerja sangat keras untuk melakukan tugasnya. Semakin panas CPU bekerja, asupan power dari baterai juga semakin tinggi.

Dengan membiarkan HP cooling down, sama juga kita memberikan waktu pada CPU untuk kembali ke aktivitas normal yang tidak perlu banyak power dari baterai.

5. Kapasitas yang kecil di bawah 3000 mAh bisa dibilang menjadi penyebab utama cepat habisnya power di HP android.

Untuk mengatasi permasalahan mendasar ini, solusi yang pertama adalah carilah hp sesuai dengan kebutuhan penggunaan nantinya.

Android entry level, dengan kapasitas kurang dari 3000 mAh, lebih diperuntukkan penggunaannya untuk aktivitas ringan seperti komunikasi chatting dan juga sosial media seperlunya.

Dengan penggunaan seperti ini, 3000 mAh bisa dibilang cukup untuk penggunaan selama seharian.

Untuk solusi yang kedua, kalau pengguna memang orang yang super sibuk yang selalu memerlukan koneksi internet, maka perlu memilih untuk menggunakan HP android dengan kapasitas baterai yang lebih besar bisa 4000 mAh keatas.

Baterai HP dengan kapasitas ini mampu menunjang aktifitas browsing selama seharian penuh baik melalui koneksi data broadband maupun melalui wifi.

Bagaimana kalau kondisinya adalah aktifitas browsing yang tinggi tapi hanya punya HP android dengan kapasitas baterai yang kecil? Tidak perlu khawatir sebenarnya karena masih ada powerbank yang bisa mensupport HP yag kapasitasnya cepat habis.

Pilihannya bisa pada powerbank dengan kapasitas real minimal 10.000 mAh agar bisa diandalkan di setiap kondisi dan kebutuhan.

Tips dan trik cara menghemat baterai android diatas bisa dilakukan pada baterai HP yang masih normal tetapi cepat habis dayanya.

Kalau baterai HP androidnya memang sudah drop, sehingga menjadi sangat cepat habis saat dipakai, solusi terbaiknya adalah segera mengganti baterai yang sudah drop dengan baterai yang baru. Lebih baik juga untuk memilih baterai asli bawaan untuk kenyamanan dan keamanan pemakaian.

Sebenarnya ada cara memperbaiki baterai hp yang sudah ngedrop. Namun belum ada ulasan yang menyatakan berhasil dan aman digunakan. Kesimpulannya, memperbaiki baterai hp yang sudah drop tidak disarankan demi keamanan pengguna.

Cara Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi | androids | 4.5