Cara Mempercepat Kinerja Dan Mengatasi Android Lemot

Cara Mengatasi Android Lemot – menuandroid.com – Lemot yang dialami pengguna HP android bukanlah hal yang begitu mengagetkan. Hal ini sudah menjadi hal yang wajar mengingat salah satu penyebabnya adalah banyaknya aplikasi yang ada di android itu sendiri.

Lalu adakah cara mempercepat kinerja android yang lemot? Tentu saja ada dan sebenarnya mudah kok dilakukan karena tidak perlu cara yang rumit seperti root hp dll sebagainya.

Cara Mempercepat Kinerja Dan Mengatasi Android Lemot

Cara Mempercepat Kinerja Dan Mengatasi Android Lemot

Memilih HP dengan RAM yang lebih besar

Yang perlu diperhatikan jika HP android lemot adalah spesifikasi hardware dasar dari HP itu sendiri. Hal yang paling perlu diperhatika adalah kapasitas RAM dan juga memori internalnya.

RAM (Random Access Memory) menjadi penting karena RAM bertugas sebagai penyedia tempat bagi prosesor untuk berpikir. Apalah jadinya jika suatu HP memiliki kecepatan prosesor yang luar biasa tetapi tidak punya space yang cukup untuk bekerja.

Jika hal ini terjadi tentu saja kerja prosesor menjadi terbatas dan kesulitan dalam mengakses aplikasi yang ingin digunakan.

Terbakit:

Untuk itu, jika ingin memiliki HP android dan tidak ingin nantinya mengalami masalah lemot ini, pilihlah HP dengan RAM yang lega. Untuk saat ini paling tidak pilih HP yang minimal memiliki RAM 1 GB.

RAM dengan ukuran ini sekarang bisa dibilang standar karena paling tidak, sudah mampu membuka aplikasi-aplikasi pokok di HP android seperti sosial media,chatting, browsing, dan games ringan tanpa lemot. Tentu kalau bisa memilih, paling tidak ya harus memiliki HP dengan RAM 2 GB keatas yang dijamin bebas lemot.

Bagaimana kalau sudah memiliki HP android tetapi RAMnya cukup kecil yaitu 512 mb dan lemot? Tenang saja, selain ganti HP baru masih ada solusi kok bagi hp dengan RAM kecil yaitu manajemen aplikasi.

Cara mudahnya pasang maksimal 2 aplikasi sosial media (yang versi lite lebih baik), pasang maksimal 3 aplikasi chatting, dan terakhir uninstall semua game dan aplikasi yang tidak perlu yang ada di HP. Dijamin gejala lemot pasti berkurang secara drastis.

Mengupdate aplikasi yang memang diperlukan

Update aplikasi pasti sering dialami pengguna android. Update ini terjadi sebenarnya karena pengembang aplikasi ingin memberikan fitur yang lebih menarik bagi penggunanya.

Tetapi disadari atau tidak, update aplikasi ternyata memperbesar ukuran aplikasi di HP dari ukuran sebelumnya, yang akhirnya memakan memori internal lebih banyak. Aplikasi yang semakin besar efeknya adalah memerlukan RAM yang lebih banyak.

Solusinya, kalau ada notifikasi update aplikasi yang memang jarang digunakan, lebih baik untuk tidak mengambil opsi “yes”. Selain itu, biasanya kalau update aplikasi karena adanya minor change juga tidak terasa perubahannya saat aplikasi ini dipakai.

Agar tidak dirugikan dengan adanya update aplikasi, sebelum melakukan update lebih baik untuk membaca review dari beberapa pengguna di Play Store. Kalau memang banyak yang bilang bagus dan perlu, maka update. Sementara kalau banyak review negatif, apalagi untuk aplikasi yang jarang dipakai, lebih baik tidak diupdate atau bahkan di-uninstall sekalian.

Kurangi widget di homescreen

Banyaknya widget juga ternyata berpengaruh terhadap performa hp android. Lagi-lagi widget yang diaktifkan akan menyedot RAM yang lebih besar yang pada akhirnya HP android lemot. Solusinya adalah pasang maksimal 2 widget saja dari aplikasi yang memang diperlukan.

Maksimalkan aplikasi Clean Master

Bagi yang tidak ingin repot dalam memanage sumber daya harware HP androidnya, bisa kita gunakan Clean Master. Aplikasi ini bisa dengan mudah membantu mengatur sistem di HP dengan lebih efektif dan efisien seperti menghapus berkas sampah, mempercepat kinerja ponsel, dan membantu menghemat daya.

Berkas sampah yang muncul di ponsel adalah sisa-sisa file yang tertinggal setelah suatu aplikasi dipakai. Ada juga aplikasi yang jarang digunakan juga dikenali sebagai aplikasi sampah sehingga disarankan agar di-uninstall.

Dengan dibersihkannya file-file yang tidak berguna ini tentu RAM juga akan semakin lega dan kinerja HP juga bisa semakin maksimal.

Adanya fitur menghemat daya juga bisa menghibernasi aplikasi yang boros baterai dan juga boros RAM. Dengan begitu konsumsi baterai dan RAM bisa efisien.

Hindari update OS versi terbaru jika hasilnya HP menjadi lemot

Ada beberapa produsen hp yang biasanya memberikan update OS android kepada penggunanya. Kalau update ini memberikan kecepatan akses yang lebih baik dan memberikan fitur yang lebih lengkap, tentu sah-sah saja untuk dilanjutkan.

Tetapi jika update OS yang dilakukan ternyata malah membuat HP menjadi lemot, pilihan downgrade dan kembali ke OS awal perlu dipertimbangkan. Biasanya update OS terbaru dengan segala fiturterbarunya jika tidak diimbangi dengan kemampuan hardware yang mumpuniah yang bisa mengurangi kinerja HP.

Tidak membuka terlalu banyak tab saat internetan

Browsing internet juga merupakan salah satu aktifitas yang memerlukan sumber daya RAM yang lebih banyak. Hal yang tidak disadari pengguna adalah karena keasyikan browsing, tidak sadar kalau tab yang dibuka sudah lebih dari 10 tab. Biasanya hal ini terjadi di HP android dengan RAM 1 GB ke bawah.

Hasilnya, page di website yang dibuka menjadi kurang responsive. Inilah salah satu tanda HP andoid mengalami lag atau lemot. Solusinya, tutup tab yang sudah tidak dibaca atau diperlukan. Untuk amannya, lebih baik membuka maksimal 5 tab secara bersamaan saat browsing agar terhindar dari gejala HP lemot ini.

Cara mengatasi hp android lemot saat internetan yaitu dengan tidak membuka youtube, browser, dan juga sosial media secara bersamaan. Youtube yag berisi video dan juga sosial media yang berisi foto-foto memerlukan grafis yang begitu banyak. Jika dibuka secara bersamaan tentu memperbesar kemungkinan gejala lag atau lemot.

Agar aman, buka satu per satu dari tiga aplikasi diatas atau membuka aplikasi diatas secara bergantian sehingga gejala lemot di HP tidak terjadi.

Memainkan game yang sesuai dengan kemampuan HP android

Saat ingin memainkan suatu game di HP android tentu pengguna perlu untuk menyesuaikan spesifikasi game dengan spesifikasi HP androidnya. Sebenarnya, sebagian besar game yang ada di Play Store ukurannya relatif kecil sehingga bisa dimainkan di segala jenis HP android.

Tetapi tidak sedikit pula game yang spesifikasinya tinggi karena memang memberikan tampilan grafis yang begitu bagus yang menyebabkan HP menjadi lemot.

Nah bagi pengguna dan ingin memainkan game seperti ini, ada trik dan cara mengatasi hp android lemot saat bermain game ini  yaitu lebih baik dilihat kembali apakah HPnya sudah sesuai spesifikasinya dengan gamenya.

Dengan melakukan penyesuaian ini paling tidak keluhan HP lemot saat game tidak terjadi dan ketika lemot pun tidak lantas menyalahkan gamenya yang mengalami kerusakan.

Baca juga:

Yang paling menyiksa hp adalah game spesifikasi tinggi yang juga memerlukan koneksi internet untuk memainkannya. Dua hal ini adalah kombinasi yang sempurna untuk bisa membuat HP android kelas menengah mengalami lag dan lemot.

Source Tags: , , , .

Cara Mempercepat Kinerja Dan Mengatasi Android Lemot | androids | 4.5