Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas dan Lemot

Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas Lempot dan Boros Batre – menuandroid.com – Memiliki smartphone android canggih ternyata tidak luput dari beberapa masalah. Salah satu masalah yang muncul adalah hp android yang cepat terasa panas sehingga menyebabkan baterai cepat habis.

Kalau dipikir-pikir sebenarnya apapun perangkat elektroniknya kalau dipakai pasti mengeluarkan panas termasuk hp android. Namun panas ini akan menjadi tidak wajar jika terjadi secara cepat dan terus menerus.

Trik lainya:

Jika hal ini terjadi pada hp android biasanya akan mempengaruhi kinerja HP itu sendiri. Sebagai pengguna, kita tidak perlu panik dengan hal ini. paling tidak kita harus jeli mengetahui penyebab hp android cepat panas dan boros baterai sehingga bisa mengetahui cara untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas dan Lemot

Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas dan Lemot

Berikut ini ada beberapa penyebab hp android cepat panas

Main game secara terus menerus

Penyebab paling umum hp android menjadi begitu panas / android cepat panas adalah saat hp android dipakai untuk main game non-stop. Nge-game adalah salah satu aktifitas yang memerlukan sumber daya hp yang lumayan banyak. Meskipun ukuran gamenya sedang, tetapi komponen di dalam hp akan terus bekerja untuk saling berinteraksi.

Saat dipakai main game, hp akan terus menerima perintah dalam bentuk control dari penggunanya. Setelah menerima perintah ini, hp akan meneruskan dan memberikan timbale balik dalam bentuk grafik display yang muncul di layar hp.

Dari aktivitas yang kompleks ini saja sudah memerlukan banyak sumber daya apalagi jika digunakan secara terus menerus. Baterai yang menjadi penyuplai power akan menyalurkan powernya ke seluruh komponen yang sedang haus dengan tenaga lsitrik.

Itulah kenapa baterai bisa habis lebih cepat saat nggame daripada saat hp digunakan untuk aktifitas lain seperti browsing, chatting, ataupun untuk melihat foto maupun video.

Yang lebih parah lagi adalah saat hp android dipakai untuk ngegame yang perlu koneksi internet. Dijamin saat melakukan aktivitas tinggi seperti ini hp cepat sekali terasa panas dan baterai cepat habis.

Terkoneksi internet terus menerus

Koneksi internet ternyata juga termasuk ke dalam aktivitas tinggi untuk HP sehingga membuat hp menjadi rakus baterai. Faktanya adalah hp android yang nyala, terhubung ke internet dan dengan kondisi 100% akan lebih cepat mengalami penurunan isi baterai daripada hp yang tidak terkoneksi internet.

Apalagi kalau aktivitas transfer data juga berlangsung, pasti suhu hp akan dengan mudah meningkat meskipun tidak separah saat digunakan main hp. Kalau tidak percaya, buktikan sendiri.

Terlalu banyak aplikasi yang terinstall

Terlalu banyak aplikasi yang diinstal juga bisa menyebabkan suhu baterai tiba-tiba tinggi, panas, dan akhirnya boros baterai. Secara tidak kita sadari, aplikasi-aplikasi yang ada di android ternyata aktif semua meskipun tidak kira pakai.

Buktinya bisa dilihat di setting/pengaturan>>apl>>menjalankan/running. Nah disini terlihat seberapa banyak RAM yang terpakai untuk aplikasi-aplikasi yang ada di HP kita. Jika kondisi RAM nya terlalu ke kanan berarti, space RAM tinggal sedikit dan RAM harus bekerja lebih ekstra.

Cara mudah mengatasi hp android cepet panas dengan jitu

Karena penyebabnya beberapa sudah kita ketahui, sekarang kalau fenomena ini terjadi pada kita maka kita bisa dengan mudah mengambil tindakan untuk mengatasinya.

Menghentikan aktivitas main game.

Yang pertama kalau HP android panas karena sedang dipakai bermain game, kalau ingin mengurangi suhu HP, langkah mudahnya adalah dengan menghentikan aktivitas negame yang sedang dilakukan.

Dengan berhenti nge-game, kita bisa memberikan jeda waktu istirahat bagi hp untuk kembali ke suhu normalnya. Setelah hp cooling down, kita bisa lanjutkan ngegame lagi tanpa mengalami hp panas lagi.

Di sisi lain, waktu ngegame kita memang jadi terbatas. Terbatas di sini berlaku jika panas yang timbul saat pengguna memainkan game sampai membuat tidak nyaman.

Kalau memang panas yang timbul masih bisa ditoleransi dan pengguna masih nyaman-nyaman saja ya nge-game nya bisa dilanjutkan.

Mematikan koneksi internet

Karena koneksi internet juga merupakan aktivitas yang membuat hp bisa menjadi panas maka untuk mengurangi suhu kita bisa mematikan sementara koneksi internet yang ada di hp kita.

Tidak bisa dihindari memang saat hp android tanpa koneksi internet, hp android hanyalah hp biasa yang hanya bisa digunakan untuk telepon dan sms.

Tidak perlu khawatir dengan kondisi ini karena terputusnya internet mungkin hanya perlu 1o menit maksimal agar suhu HP menjadi normal. Setelah itu kita bisa kembali menyalakan koneksi internet dan kembali terhubung dengan dunia maya.

Hal ini bisa dilakukan hanya jika pengguna merasa tidak nyama dengan suhu di HO androidnya. Selama pengguna masih nyaman-nyaman saja dengan kondisi hpnya meskipun sudah terjadi peningkatan suhu mungki trik ini tidak perlu dilakukan.

Meng-uninstall aplikasi yang tidak pernah atau jarang dipakai

Saat terjadi kondisi dimana hp android kita selalu terasa panas padahal tidak kita pakai secara aktif, bisa jadi hal ini karena adanya aplikasi yang terus berjalan di dalam kondisi minimize.

Untuk mengatasi hal ini, kita bisa buka setting/pengaturan>>apl>>menjalankan/running dan pilih aplikasi yang jarang digunakan dan tidak pernah kita perlukan.

Dengan melakukan trik ini kita bisa paling tidak mengurangi kinerja processor dan juga RAM. Hal ini bisa berpengaruh kepada suhu dari komponen ini yang tidak akan meningkat secara cepat.

Bisa dibilang kedua komponen ini sangat penting dalalm menunjang kinerja suatu hp android. Itulah kenapa setiap iklan produk android, hal yang ditonjolkan adalah processor, RAM, dan yang terakhir biasanya memori internal.

Semakin tinggi spesifikasi dari komponen  ini tentu kemampuan hp untuk multitasking juga semakin baik. Selain itu juga , dengan spek yang tinggi, kondisi panas berlebih biasanya juga bisa diminimalisir.

Matikan HP android untuk sementara waktu

Mematikan hp bisa dilakukan jika memang pengguna tidak mau repot untuk melakukan trik-trik diatas. Dalam kondisi mati secara otomatis bisa dengan cepat menurunkan suhu HP android yang begitu tinggi.

Saat dinyalakan kembali, hp akan kembali fresh karena belum banyak dipakai untuk membuka aplikasi yang membutuhkan sumber daya hp yang banyak.

Sebelumnya:

Mematikan hp jug bisa menjadi solusi saat hp berada di daerah yang sulit sinyal. Hp yang terhubung dengan internet tetapi kesulitan dalam menemukan sinyal ternyata juga bisa meningktkan kinerja hp itu sendiri.

Di dalam kondisi ini, hp akan menjdi cepat panas sehingga baterai juga akan dengan cepat menurun kondisinya.

Cara lain saat menghadapi situasi ini adalah dengan mematikan koneksi internetnya saja. Toh, sinyal juga sulit, hp mau dipakai chatting pun juga akan pending semua pesannya.

Trik-trik di dalam artikel ini mudah dan bisa dipraktekkan karena tanpa root dan juga tanpa aplikasi tambahan. Kalau memang trik cara mengatasi hp android cepat panas dan lemot ini tidak bisa mengatasi masalah kamu, mungkin memang bawaan dari hpnya yang memang mudah panas saat digunakan.

Meskipun masih ada cara seperti mengurangi kecerahan hp, mempersingkat waktu nyala layar, menutup aplikasi yang masih berjalan, kalau memang lemot dan panas masih terjadi lebih baik bawa ke tempat service hp karena pasti ada sesuatu yang salah dengan hp kamu.

Source Tags: , , , .

Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas dan Lemot | androids | 4.5